Hukum Berpenampilan Menjadi Sinterklas | Hasil Rumusan Bahsil Masail

📕📕 Muslim Menjadi Sinterklas
Deskripsi Masalah

25 Desember 2020 kemarin saya dikagetkan oleh sebagian muslim yang berbaju sinterklas dan menghibur anak-anak dipinggir jalan

Pertanyaan:
bagaimana hukum seorang muslim memakai baju sinterklas itu?

Jawaban:
Umat Kristiani mengenal figur yang bernama Santo Nikolas. Dia adalah seorang uskup yang dianggap dermawan. Kini dia dikenal sebagai Sinterklas. Dia digambarkan sebagai pria berjenggot dan memakai baju khas seperti yang dipakai oleh sinterklas-sinterklas hari ini. Kini, sinterklas ini oleh umat kristiani dianggap sosok penting dalam setiap kegiatan natal mereka.

Meninjau bahwa sinterklas adalah figur umat Kristen, dan baju ala sinterklas diyakini sebagai atribut khas Uskup Santo Nikolas, serta sinterklas adalah sosok penting dalam acara natal umat kristiani, maka hukum berpenampilan menjadi Sinterklas diperinci sebagai berikut:

• Jika Yang berpenampilan itu ridlo dan condong pada kekufuran atau suka kepada agama mereka atau agar serupa dengan syiar-syiar kekufuran maka bisa berakibat murtad. Na'udzubillah.

• Jika yang berpenampilan itu tidak dengan tujuan yang sudah disebut di atas, serta dia melakukannya tidak dalam keadaan dlorurot maka hukumnya adalah haram.

Refrensi:

• مسألة : ي) : حاصل ما ذكره العلماء في التزيي بزي الكفار أنه إما أن يتزيا بزيهم ميلاً إلى دينهم وقاصداً التشبه بهم في شعائر الكفر ، أو يمشي معهم إلى متعبداتهم فيكفر بذلك فيهما ، وإما أن لا يقصد كذلك بل يقصد التشبه بهم في شعائر العيد أو التوصل إلى معاملة جائزة معهم فيأثم ، وإما أن يتفق له من غير قصد فيكره كشد الرداء في الصلاة.

• وأما ما كان خاصا بالكفار وزيا من أزيائهم التى جعلوها علامة لهم كلبس برنيطة وشد زنار وطرطور يهودي وغير ذلك فمن لبسه من االمسلمين رضا بهم وتهاونا باالدين وميلا للكافرين فهو كفر وردة والعياذ بالله ومن لبسه استخفافا بهم واستحسانا للزي دون دين الكفر فهو اثم قريب من المحرم واما من لبسه ضرورة كأسير عند الكفار ومضطر للبس ذلك فلا بأس به وكمن لبسه وهو لا يعلم انه زي خاص بالكفار وعلامة عليهم أصلا لكن اذا علم ذلك وجب خلعه وتركه وأما ما كان من الألبسة التى لا تختص بالكفار وليس علامة عليهم اصلا بل هو من الألبسة العامة المشتركة بيننا وبينهم فلا شيء فى لبسه بل هو حلال جائز وقال العز ابن عبد السلام واما فعلوا على وفق الإيجاب والندب والإباحة فى شرعنا فلايترك لأجل تعاطيهم إياه فإن الشرع لاينهى عنه على التشبه بما أذن الله اهـ(مجموع فتاوى ورسائل ص : 183)
.

Comments

Popular posts from this blog

Bu Risma: Dari Blusukan ke Pilgub DKI

Nalar Fiqih Jual Beli Online

Emas dan Perak Bukan Lagi Barang Ribawi